PT. KAMJaya - Pompa Sentrifugal

Pompa Sentrifugal

Cara kerja

Dalam bentuknya yang paling sederhan, pompa sentrifugal terdiri dari sebuah kipas yang dapat berputar dalam sebuah rumah pompa. pada rumah pompa ini dihubungkan saluran hisap dan saluran kempa. Kipas yang dilukiskan disini terutama terdiri dari dua buah cakra dan diantaranya terdapat sudu-sudu. Terhadap arah putaran, sudu-sudu itu biasanya di bengkokan ke belakang. Sebelum pompa dijalankan, rumah pompa dan saluran hisap harus di isi dengan zat cair. Untuk menjaga agar zat cair jangan sampai mengalir melalui saluran hisap ke dalam sumur atau sumber, dibawah saluran isap dipasang sebuah katup kaki. bila kipas itu sekarang diputar dengan cepat, maka sudu kemudian akan memberikan gerak putar terhadap rumah pompa kepada zat cair yang berada dalam kipas. Gaya sentrifugal atau gaya pusingan yang terjadi disini mendorong zat cair ke jurusan keliling sebelah luar kipas. karena itu pada lubang aliran masuk C dari kipas, timbul ruang kosong dengan kata lain, terjadi hampa udara. Akan tetapi diatas permukaan zat cair dalam sumber atau sumur, bekerja tekanan atmosfer. Jadi sekarang terdapat perbedaan tekanan, sehingga kolom zat cair masuk ke dalam kipas dengan tekanan dan kecepatan tertentu. Dengan demikia, ruangan yang menjadi kosong pada lubang aliran masuk kipas, langsung zat cair terisi kembali.

Pada keliling luar kipas, zat cair mengalir dalam rumah pompa dengan tekanan dan kecepatan tertentu. Dalam rumah pompa ini zat cair di salurkan sedemikian rupa, sehingga terdapat perubahan kecepatan ke dalam tekanan yang sempurna. Oleh tekanan ini, kolom zat cair dalam saluran kempa digerakkan.

Zat cair bergerak sedemikian rupa dalam aliran yang tak terpututs-putus dari saluran hisap melalui pompa ke saluran kempa.

 

Kelebihannya :

  1. Pada aliran volume yang sama, harga pembelian lebih rendah.
  2. Tidak banyak bagian-bagian yang bergerak ( tidak ada katup dan sebagainya.
  3. Lebih sedikit memerlukan tempat
  4. Jumlah Putaran Tinggi, sehingga memberi kemungkinan untuk penggerakan langsung oleh sebuah elektromotor atau turbin.
  5. Jalannya tenang, sehingga fondasi dapat dibuat ringan.
  6. Bila konstruksinya disesuaikan, memberi kemungkinan untuk mengerjakan zat cair yang mengandung kotoran.
  7. Aliran zat cair yang tak terputus-putus.

 

Kelebihan dari pompa sentrifugal itu demikian besar, seingga pompa ini jauh lebih banyak digunakan daripada pompa desak. Akan tetapi demikian, untuk daerah-daerah khusus kita tetap akan mempergunakan pompa desak.

 

Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment

You might also likeclose