PT. KAMJaya - Nama Pompa Sesuai Pemasangannya

Pompa Horisontal

horisontal-pompaHorisontal yang paling banyak digunakan mempunyai kaki di bawah kursi bantalan atau dibawah rumah pompa. ini disebut Foot Mounted, Pada suhu zat cair yang tinggi, kita dapat membuat foot mounted. Sebagai akibat dari pemuaian, akan menjadi bengkok diatas fondasi. dalam hal itu maka jauh lebih baik untuk menunjang dalam garis sumbu horisontal. Sekarang itu menjadi centerline mounted. untuk membatasi ukuran pompa dan motor, maka kedua pesawat ini seringkali dibangun bergandengan sebagai satu kesatuan: Pompa Monoblock. Kipas biasanyya dipasang pada (perpanjangan) poros : Closecoupled. Disebut juga Closecoupled, pompa yang dibangun ke dalam. Oleh karena itu dalam Industri proses sangat banyak digunakan pompa dan dalam cabang industri ini bahasa inggris menjadi bahasa pengantar, maka dalam teknik pompa sangat banyak pula ditemukan nama dalam Bahasa Inggris. Untuk Istilah dalam bahasa Belanda dan bahasa Indonesia belum ditemukan istilah-istilah yang tepat.

 

Pompa Vertikal

 

Pompa vertical multistage

Sehubungan dengan bobotnya, rumah pompa disini dipasang dengan kaki diatas tanah. Jenis In-Line Spesial. Jenis ini dipergunakan dalam proses industri jika kondisi Hisap sangat tidak menguntungkan untuk membuat pompa bekerja dengan baik. Bagian yang sesungguhnya di pasang dalam sebuah bejana dibawah saluran : Barrel Type. Pompa ini dapat pula umpamanya digantungkan dalam tanah, didalam sebuah sumur. Dengan demikian diperoleh ketinggian aliran masuk ekstra, tanpa mempergunakan banyak ruang tempat, lengkung tambahan dan pekerjaan saluran. Penghematan ruang tempat dapat juga diperoleh dengan pompa Vertikal. Lentera yang merupakan hubungan antara bagian motor dan bagian pompa. Bantalan dari poros dipasang dalam bagian lentera ini diatas rumah pompa.

Jika ruang keatas juga terbatas, maka disini juga dapat dilaksanakan clouse coupled. Bagian lentera yang pendek tidak memiliki bantalan dan kipas dipasang pada perpanjangan poros motor. Bila kamar bawah tanah tempat dipasang sangat basah atau kadang-kadang dapat terendam air, maka haruslah diambil vertikal yang diperpanjang. Akan tetapi motor ditempatkan siatas bagian lentera tersendiri diatas lantai yang lebih tinggi. Di antara pompa dan motor terdapat poros perpanjangan tersendiri, yang kadang-kadang harus diberi bantalan pula. sudah tentu bahwa keseluruhannya harus diarahkan dengan teliti sekali. Didalam kapal biasanya terdapat  kekurangan ruangan dan juga luas lantai. disini kadang-kadang digantungkan pada dinding vertikal : Pemasangan dinding ( Wal Mounted ).

 

 

 

Pemasangan Basah.

Pompa untuk pemasangan basah, kita masih dapat mengadakan perbedaan antara ;
  1. Pompa dengan hanya pompanya saja yang berada didalam zat cair dan motor terletak diatas zat cair ( Pompa Benam danSumur Dalam yang panjang ).
  2. Pompa dan motor yang dibenamkan ke dalam zat cair ( Pompa Sungku dan Bawah Air )
Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment

You might also likeclose