Pompa Submersible atau Electric Submersible Pump (ESP)

All About Submersible Pumps & Electric Submersible Pumps

Pompa submersible atau Electric Submersible Pump (ESP) adalah sebuah pompa yang dirancang khusus, di mana motor dan komponen-komponen lainnya tertutup rapat, karena pada penggunaannya nanti seluruh permukaan pompa ini akan terendam ke dalam cairan. Pada umumnya pompa yang sering kita jumpai berada di atas cairan dan menyedot cairan sebagaimana pompa jet (Jet Pump). Berbeda halnya dengan pompa ini. Pompa ini diletakkan di dalam cairan dan mendorong cairan melalui pipa-pipa salurannya. Pompa ini lebih efisien dibandingkan pompa jet. Penggunaan teknologi pompa ini banyak dijumpai di dalam dunia industri.

 

 Pompa Electric Submersible Pump (ESP)
Salah Satu Model Pompa Submersible

 

Prinsip Kerja Pompa

 

Pompa-pompa submersible yang digunakan dalam instalasi Electric Submersible Pump (ESP) adalah pompa sentrifugal multistage yang dioperasikan dalam posisi vertical. Meskipun dari tahun ke tahun kontruksi pompa submersible semakin berkembang dan memiliki banyak fitur, namun sebenarnya pompa submersible memiliki prinsip kerja dasar yang sama. Cairan diputar oleh impeller dengan kecepatan rotasi yang tinggi sehingga mengalami gaya sentrifugal, kemudian cairan tersebut kehilangan energi kinetik di dalam diffuser di mana konversi energi kinetik menjadi energi tekanan berlangsung.
 Skema Pompa Submersible Pump Schema
Skema Umum Pompa Submersible

Penggunaan Pompa Submersible

Pompa submersible banyak ditemukan dalam dunia industri. Pompa ini biasanya digunakan untuk drainase, industri pompa umum dan pemompaan lumpur. Pompa ini juga banyak digunakan dalam filter kolam. Jenis pompa submersible bertingkat biasanya digunakan pada lubang bor dan digunakan untuk abstraksi sumur air dan sumur minyak. Pemanfaatan pompa submersible yang lain yaitu digunakan pada instalasi pengolahan limbah, penanganan air laut, pemompaan air tanah, pemadam kebakaran (karena kabel tahan api), pengeboran sumur bor dan air, pengeboran lepas pantai, lift buatan, dewatering tambang dan sistem irigasi.
Related posts

Leave your comment

Your Name: (required)

E-Mail: (required)

Website: (not required)

Message: (required)

Send comment

You might also likeclose